CAT EPOXY

membran bakar


Ada jenis waterproofing yang tidak banyak orang tahu yaitu membran bakar, dari sekian banyak jenis waterproofing yang digunakan pada berbagai macam kebutuhan untuk konstruksi bangunan, membran bakar adalah salah satu jenis yang khusus serta sangat cocok di aplikasikan untuk bangunan, seperti contoh gedung bertingkat, rumah, juga sangat cocok jika diaplikasikan pada Roof Deck, Terrace, Balcony, Retaining Wall, dll.
Bahan yang terkandung pada jenis waterproofing ini yaitu lembaran asphal dan campuran zat kimia khusus untuk penggunaan konstruksi bangunan, material waterproofing membran bakar dalam bentuk lembaran yang terbuat dari modified bitumen, diperkuat dengan serat tulang non woven polyester.
Sifat dari membran bakar ini pun sangatlah beda dari jenis waterproofing yang lainnya, seperti aquaproof, karena buka berbahan cair dengan mengoleskan pada dinding dengan metode pengecatan lalu selesai, tidak, dalam pengaplikasian membran bakar, jelas caranya harus dibakar, tapi tentunya tidak sembarang dibakar. Ada cara tersendiri untuk pemasangan ini, maka dari itu harus dikerjakan oleh tenaga ahli dengan jasa pemasangan membran bakar, karena jika tidak dilakukan oleh ahlinya, akan sangat fatal pada fungsinya, tidak juga maksimal pada hasilnya nanti, sangat disayangkan jika itu terjadi.


Membran Bakar Pada Konstruksi Bangunan


Pada suatu konstruksi, sebagian besar membran bakar waterproofing berada di sekitar pondasi dan basement dinding. Lapisan ini umumnya di dalam dinding beton, sepanjang permukaan luar daerah terendam atau ditempatkan secara strategis di sekitar gedung. Karena orang tidak perlu memakainya, mereka lebih tebal dan lebih tahan lama dari yang ditemukan di pakaian, tapi masih tunduk pada tusukan disengaja. Selain membran sintetik, beberapa bangunan menggunakan lapisan bahan alami untuk mencegah gerakan air atau menyalurkannya ke daerah-daerah tertentu.
Beberapa keunggulannya antara lain :
– Kuat terhadap cuaca ekstrim.
– Produk yang kuat dan tahan lama.
– Tahan terhadap kelembaban yang tingg.
– Daya tahan yang kuat terhadap terpaan garam dan bahan kimia.
– Fleksibel pada suhu rendah, dan kuat terhadap panas sinar matahari.
– Kelenturan material serta kesetabilan dimensinya yang baik.
– Tidak mudah robek, tahan terhadap tekanan, benturan mekanik, atau gesekan keras.
– Dapat diaplikasikan diberbagai tempat, baik terbuka maupun tertutup.
– Mudah dan cepat di aplikasikan untuk lokasi yang luas. – Sanggup beradaptasi terhadap pergerakan, retak maupun penyusutan dari beton.


Ketika ditempatkan di dalam dinding, pembangunan yang sebenarnya dari membran waterproofing hampir identik dengan bahwa pakaian dalam. Membran bakar terikat bahan lainnya, sering langsung ke dinding atau bahan sekunder keras, dan ditempatkan di dalam rongga dinding. Lapisan ini memungkinkan air untuk menembus setengah dari dinding, tapi blok dari menembus ke bagian lain. Membran waterproofing eksterior biasanya tidak terjepit seperti membran interior dan, karena itu, dirancang untuk menjadi lebih kuat. Sebagian ditempatkan langsung terhadap luar bangunan, mencegah air masuk sama sekali. Ini adalah umum di konstruksi yang paling baru dan dianggap sebagai bagian dari selubung bangunan standar.
Jenis pekerjaan waterproofing membran system adalah sebagai berikut:
1. Membrane Tempel atau Self Adhesive
2. Waterproofing Membrane Bakar yang biasanya terdapat dipasaran dengan ketebalan 3mm dan 4mm.
3. Membrane Coating yang terbuat dari bahan dasar bitumen
4. Membrane Cement Based Coating atau flexible coating cement based
5. Membrane Polyurethane Coating yang terbuat dari bahan dasar polyurethane
6. Acrylic Based Coating yang terbuat dari bahan dasar acrylic
7. Cement Based Coating Slurry

Whatsap klik di sini