cat lantai

Apa Fungsi Produk tersebut?

cat lantai
cat lantai

Secara umum, fungsi atau gunanya adalah untuk:

  1. Memberikan perlindungan atau proteksi, terutama untuk faktor perusak pada lantai
  2. Memberikan tampilan lebih baik dari segi warna atau kilau
  3. Memberikan permukaan yang lebih baik, misal lebih halus dan rata

Namun pada cat lantai yang mampu membentuk lapisan lebih tebal dank eras, fungsinya tak sekedar yang disebut di atas. Lebih dari itu, kegunaannya juga mencakup pembentukan lantai itu sendiri.


Apa Beda dengan Cat lainnya?

Cat dan segala jenis coating untuk lantai memiliki spesifitas tersendiri yang disesuaikan dengan karakter di mana produk tersebut akan diaplikasikan. Misalnya, karena digunakan di bagian bawah di mana tekanan dan goresan sering terjadi, cat harus memiliki daya tahan terhadap goresan yang baik.

jenis

Ada berbagai jenis produk cat untuk lantai. Berdasarkan jenis lantainya, ada cat untuk lantai parket, lantai decking, lantai beton dan semen, hingga lantai batu. Sedangkan berdasarkan formulasinya, ada cat untuk lantai dari bahan polyurethane, epoxy 1 komponen, hingga epoksi 2 komponen.

Merk Cat Lantai

Ada banyak produk cat yang bisa digunakan untuk lantai, misalnya: Merk cat BioColours, produknya yang berbasis Polyurethane adalah cat parket hingga decking yang baik

Abbasy Floor

Sika

Propan

Nippon

Epodur / Pacific Paint

Dan masih banyak lagi


Berapa Harganya?

Secara umum, harga produk cat lantai lebih mahal dibanding jenis cat lainnya. Sebab spesifikasinya memang harus lebih baik ketika dipakai di lantai. 

Tips dan Cara Membeli Cat Lantai yang Benar

  1. Ketahui kebutuhan Anda sendiri. Seperti apa cat yang diinginkan? Apa cat harus sangat tahan beban? Apa coating dan cat harus mampu membentuk lapisan yang keras? Dan spesifikasi kebutuhan lainnya.
  2. Perhatikan produk cat yang akan dibeli, mulai dari kecepatan keringnya sampai dengan jenis bahannya. Misal, bila dikaitkan dengan nomor 1, untuk membeli produk cat yang tahan lama dan tidak mudah rusak terkena beban berat, baiknya memilih cat epoksi 2 K, bukan cat lantai biasa. 
  3. Hati-hati dengan nama produk, seperti epoxy paint. Kerap epoxy paint mengacu pada istilah yang rancu, ada yang mengacu pada produk cat dengan tambahan epoksi, atau produk yang bisa menghasilkan lantai epoxy. Bacalah deskripsi produk secara cermat supaya mendapat kejelasan yang baik. Anda juga bisa membaca soal “kesalah-pahaman” ini di artikel kami yang lalu (Cat Epo

Nah demikianlah hal-hal yang bisa kami bagikan kepada pembaca mengenai cat lantai