Epoxy Lantai 3D, Semua yang Perlu Anda Ketahui

kini semakin populer, tidak hanya diaplikasikan pada area komersial saja seperti pusat perbelanjaan, tempat rekreasi, tapi juga menyasar area kantor, apartemen dan rumah. Seni yang ditawarkan memiliki daya tarik lebih, dengan kinerjanya yang sangat baik karena berbasis resin epoxy, membuat epoxy lantai 3D ini menjadi primadona untuk menjadi pilihan sistem lantai dekoratif di 2018.


Apa itu Epoxy Lantai 3D

Epoxy Lantai 3D adalah jenis dari  sistem lantai epoxy dekoratif  yang memiliki ciri keunikan yakni visual berupa gambar realistik dalam bentuk 3 dimensi dalam sudut pandang tertentu. Memiliki kinerja yang sama baiknya seperti jenis epoxy lantai lainnya yakni ketahanannya terhadap bahan kimia dan abrasi.

        Epoxy lantai 3D diaplikasikan pada kamar tidurVisualisasi epoxy lantai 3D pada area pusat perbelanjaan Hasil pekerjaan epoxy lantai 3D dengan gambar 2 lumba-lumba Epoxylantai 3D diaplikasikan pada ruang mini bar Epoxylantai 3D diaplikasikan pada ruang keluarga

Proses pelukisan lantai 3D ini mungkin sedikit rumit dan tidak jauh berbeda dari aplikasi epoxy lantai padaumumnya, dimana lapisan awal akan membutuhkan epoxy yang diratakan hingga tahap dasar,lalu diikuti oleh gambar 3D yang diinginkan. Kemudian dilapisi kembali dengan epoxy clear.

Tidak seperti stiker yang akan mudah rusak, gambar 3 dimensi pada Epoxy Lantai 3D terlindungi oleh lapisan epoxy dan tentunya akan sangat tahan terhadap segala macam kerusakan yang biasanya memengaruhi dekorasi lantai.


Kelebihan & Kekurangan Epoxy Lantai 3D

Seperti sistem lantai lainnya,lantai 3D epoxy atau Epoxy Lantai 3D memiliki kelebihan dan kekurangan.

Apa kelebihan dari Epoxy Lantai 3D, berikut ini:

  • Efek visual – Keuntungan paling signifikan dari lantai 3D adalah efek visual yang menakjubkan. Selain tampilan cantik, secara visual dapat memecahkan banyak masalah interior ruangan karena kualitas estetikanya yang unik. Dengan memilih desain, warna, dan pola lantai 3D yang tepat, dibantu lapisan self-leveling, Anda dapat meningkatkan visual ruang lebih maksimal.
  • Kinerja tinggi – Hampir semua lapisan epoxy dapat bertahan lama, sangat tahan terhadap asam, klorin dan bahan lain seperti pemutih dan pembersih lantai. Kinerja tinggi inilah yang menjadikan epoxy lantai menjadi pilihan andal untuk industri. Ketika dipasang oleh  aplikator epoxy lantaiyang tepat secara benar, lantai 3D epoxy dapat bertahan setidaknya 15 tahun, tanpa berubah warnanya.
  • Perawatan mudah – Lantai Epoxy 3D tidak memiliki sambungan atau celah nat seperti keramik, ini membuat lantai 3D benar-benar kebal terhadap segala jenis kotoran, debu, air dan bahan kimia.
  • Aman dan ramah kebersihanLantai Epoxy 3D tidak akan mengakumulasi atau menumpukan debu sehingga ini akan menekan pertumbuhan bakteri di lantai. Bahan lantai epoxy yang digunakan tidak memiliki bau, dan aman untuk kesehatan manusia. Penting juga diketahui, bahwa bahan epoksi sangat tahan terhadap suhu tinggi seperti pada saat terjadinya kebakaran.
  • Tahan api – Epoxy / polimer tidak akan terbakar, ini pun yang menjadi salah satu alasan mengapa epoxy lantai direkomendasikan untuk dipasang pada fasilitas manufaktur, gudang, rumah sakit, pusat perawatan anak dan tempat lain di mana peningkatan kontrol keselamatan kebakaran diperlukan.

Lalu apa kekurangan dari Epoxy Lantai 3D:

  • Tingkat kesulitan tinggi – Tidak sembarang aplikator epoxy dapat memasang lantai 3D ini, relatif sulit, dan memakan waktu lama untuk sampai benar-benar dapat dipijak. Kurang lebih membutuhkan waktu 3 hingga 5 hari, kadang-kadang bahkan bisa lebih lama untuk kering yang sempurna.
  • Biaya tinggi – tidak cukup profesional yang mampu mengaplikasikan jenis epoxy dekoratif ini, dan tidak sebanding dengan permintaan untuk lantai spektakuler ini. Popularitas meningkatkan biaya.

Tetapi jika Anda adalah orang yang sangat ahli dan ingin memasang epoxy lantai 3D sendiri, Anda dapat mengikuti langkah-langkah instalasi berikut:

  1. Uji permukaan beton dari untuk uap air dan uap lainnya. Kelembaban dapat menyebabkan kegagalan epoxy lantai, meningkatkan jamur, dan menghasilkan permukaan dengan gelembung.
  2. Siapkan sepenuhnya permukaan beton. Gunakan alat grinding atau alat pengamplasan untuk menyiapkan seluruh lantai beton. Bila ada retakan segera tambal, pastikan tidak ada bevel dan seluruh permukaan harus halus sempurna.
  3. Gosok dan bersihkan lantai. Pastikan permukaan bebas dari debu sekecil apapun.
  4. Periksa kelembapannya kembali. Penting bahwa kelembaban di seluruh area tidak melebihi 4%, jika tidak dalam satu atau dua minggu, lantai yang baru dipasang akan terkelupas.
  5. Aplikasikan primer epoksi self-leveling.
  6. Pasang gambar lantai 3D.
  7. Pasang epoxy 2 komponen (self-leveling) dengan warna clear atau transparan, Anda juga dapat menggunakan polyurethane.
  8. Jika perlu, aplikasikan lagi topcoat clear.
jasa epoxy 3d

Navigasi pos


TLP 081280262273